Gelapkan Puluhan Tabung Gas Melon, Sopir Truk SPBE di Lebong Diringkus

Lebong (Curupedia) – Seorang sopir truk elpiji diamankan pihak berwajib terkait kasus penggelapan puluhan tabung Elpiji 3 kilogram. Aksi itu dilakukan berulang kali saat bertugas.

Dirreskrimsus Polda Bengkulu, Kombes I Wayan Riko Setiawan mengatakan, sopir bernama Cecep (42) bertugas sebagai penyalur gas di Wilayah Talang Leak, Kabupaten Lebong. Pelaku yang sudah ditetapkan tersangka ini, sudah bekerja selama 10 tahun.

“Tersangka sopir ini, mengangkut dan membawa tabung gas elpiji dari Stasiun Pengisian Elpiji di wilayah Kabupaten Rejang Lebong menuju Kabupaten Lebong, dalam perjalanan, tersangka ini menurunkan 40 tabung gas elpiji yang sudah terisi di warung miliknya,” kata Wayan, Senin (11/9/2023).

Wayan menjelaskan dari pemeriksaan, diketahui tersangka ini telah menyelundupkan gas elpiji sebanyak lima kali. Setiap kali mengantarkan gas ke Kabupaten Lebong selalu menurunkan sedikitnya 40 tabung gas ke warung miliknya untuk dijual kembali.

“Kalau sementara ini tersangka mengaku nekat melakukan pencurian gas karena desakan ekonomi,” jelas Wayan.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga menyita sebanyak 67 buah tabung gas elpiji 3 kg, 30 kosong dan 37 buah di antaranya sudah terisi dan siap jual.

Penggelapan Tabung Elpiji 3 Kg
Puluhan tabung gas Elpiji 3Kg digelapkan oleh sopir truk stasiun Elpiji (Foto: Dok. Polda Bengkulu)

Tersangka Cecep dijerat atas kejahatan Minyak Dan Gas (migas) UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi sebagaimana dimaksud dalam pasal 55 dan atau Pasal 40 angka 9 Undang Undang RI Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang Nomor 2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi Undang Undang mengubah pasal 55 Undang Undang nomor 22 Tahun 01 tentang Minyak dan Gas Bumi, dengan ancaman maksimal 6 tahun Kurungan Penjara.

Mungkin Kamu juga suka

+ There are no comments

Add yours